Selasa, 12 September 2017

Panduan Bermain Capsa Susun Untuk Pemula

Panduan Bermain Capsa Susun Untuk Pemula-Permainan Capsa susun adalah sebuah permainan yang paling banyak peminatnya dan paling unik dalam mesusun kartu yang kalian inginkan, dalam permainan capsa susun maka anda akan mendapati esensi bermainan yang paling sederhana dari sebuah permainan kartu yang pernah ada.

Panduan Bermain Capsa Susun Untuk Pemula

Permainan capsa susun merupakan permainan yang menggunakan 13 kartu pada masing masing pemain, dari 13 kartu yang anda dapatkan anda dapat susun menjadi sedemikian rupa untuk mendapatkan kartu yang terbaik hingga akhirnya anda akan mendapatkan kemenangan yang anda diinginkan.

Dari 13 Kartu yand anda dapatkan akan menjadi tiga baris dimana susunan yang yang paling bawah adalah kartu yang mempunyai nilai kombinasi terbaik atau terbesar dan di teruskan dengan susunan ke tengah dan atas dalam kombinasi terbaik, contoh gambar di bawah ini ada lah susunan polo untuk kartu di paling bawah, Seri untuk kartu di tengah

Permainan Capsa Susun dapat di mainkan oleh 2, 3 atau 4 pemain dengan salah satunya yang menjadi bandar permainan. Dan kartu yang digunakan tentunya adalah kartu remi biasa (52 Kartu).

Setiap pemain akan mendapatkan masing-masing 13 kartu, setiap pemain dan bandar di wajibkan untuk menyusun ke-13 kartu tersebut menjadi 3 tingkapan yaitu 5 kartu di tingkap bawah atau 1, 5 kartu lagi di tingkapan tengah atau 2, dan yang terakhir 3 kartu di tingkapan atas atau 3.

Penyusunan kartu yang benar adalah menempatkan kartu terbesar di tingkapan bawah atau 1 dan di lanjutkan dengan kartu-kartu yang lainnya di bagian tengah dan atas. Pastikan setelah anda menyusun tidak ada kesalahan menyusun yang dimana menempatkan kartu tertinggi di bagian tengah atau atas.

Setiap 3 susunan kartu akan diadukan dengan kartu milik bandar yang dimulai dari tingkapan bawah sampai ke atas. Setiap tingkapan memiliki poin 1 sehingga hanya terdapat 3 poin yang dapat di kumpulkan. Untuk menang melawan bandar harus mengumpulkan minimal 2 poin dan kemenangan penuh yaitu 3 poin.

Contoh :

Jika anda sudah menyusun 3 tingkapan kartu, setelah itu kartu anda akan diadukan dengan 3 tingkapan kartu bandar yang telah disusun. Untuk memulai mengadu kartu dimulai dari tingkapan paling bawah atau kartu paling besar, disusul dengan tingkapan tengah dan atas. Jika anda kalah di tingkapan pertama dan tingkapan dua anda dipastikan kalah dan bandar kalah. Jika anda menang di tingkapan pertama dan ke dua maupun ke 3 anda di pastikan menang demikian juga sebaliknya dengan bandar.

Peraturan Permainan :
  1. Jika dalam menyusun kartu, pemain melakukan kesalahan susunan begitu juga dengan bandar maka bettingan Pemain akan diambil oleh bandar atau Bandar yang dihitung menang.
  2. Jika pemain maupun bandar mendapatkan Kartu Barang atau Kartu Spesial maka pemain dan bandar diwajibkan untuk menyusun dengan benar. Jika ada kesalahan dalam menyusun maka tetap akan dianggap salah susun.
  3. Jika mendapatkan barang atau Kartu tertinggi dan di susun dengan benar maka pemain ataupun bandar otomatis akan menang tanpa harus diadu 3 grup kartu yang di susun. Walaupun jarang mengalami kejadian seperti ini, tetapi ini juga penting untuk disampaikan
  4. Jika bandar dan Pemain masing-masing memiliki kartu barang maupun kartu spesial maka mereka akan mengadu kartu barang siapa yang lebih besar.
  5. Setiap Permain diberikan waktu selama 55 detik dalam menyusun kartu, kika setelah waktu yang diberikan pemain dan bandar belum selesai menyusun kartu maka susunan akan diberhentikan dan susunan terakhir yang disusun yang akan dimasukan kedalam pengaduan kartu.

Susunan atau Kartu Tertinggi dalam permainan Capsa Susun :

1. Capsa (Kartu Dragon)

Kartu Dragon adalah kartu tertinggi yang ada dipermainan Capsa Susun. Yaitu memiliki 13 kartu dengan susunan dari A sampai K atau berurutan tanpa adanya pair maupun kartu dengan angka sama.
Contoh Kartu Dragon : A, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K (13 Kartu di tangan anda)

2. Royal Flush

Susunan dari 5 kartu seperti straight tetapi dengan susunan dari angka 10 sampai A dengan kembang kartunya harus sekop.
Contoh Kartu Royal Flush : 10 – J – Q – K – A ( Kembang Sekop )

3. Straight Flush

Susunan dari 5 kartu seperti Straight. Tetapi yang membedakan dan membuat kartu ini lebih besar dari Straight biasa adalah yaitu kembang yang di 5 kartu tersebut sama dan susunan kartu pun bebas.
Contoh Kartu Straight Flush : 2 – 3 – 4 – 5 – 6 ( Kembang Love atau Hati )

4. Four of a Kind

Merupakan susunan kartu tertinggi keempat. Syarat mendapatkan kartu ini adalah anda memiliki 4 dari 5 kartu yang memiliki angka yang sama.
Contoh Kartu Four of a Kind : 8 – 8 – 8 – 8 – K

5. Full House

Full House adalah kombinasi kartu yang terdiri dari Tree of a kind dan dipasangkan dengan kartu 1 pair. Dan yang akan diadu hanya kartu Tree of a Kindnya saja dan 1 pairnya hanya melengkapi untuk menjadi Full House
Contoh Kartu Full House : K – K – K – Q – Q

6. Flush

Kartu Flush adalah kartu yang memiliki kembang yang sama dan disusun dalam 5 kartu. Dan apabila bandar maupun pemain sama-sama memiliki kartu Flush maka akan ditentukan dari jenis kembang yang dimiliki.
Contoh Kartu Flush : 8 – 4 – 7 – 6 – 2 ( kembang wajik )

Bandar = 4 – 9 – 7 – K – Q (kembang hati)

Pemain = 4 – 6 -10 – As – 2 (kembang sekop)

Pemenang dari susunan kartu di atas adalah pemain dikarenakan jenis kembang sekop tingkatannya lebih tinggi dari kembang hati

Motif / Jenis kembang mulai dari tertinggi – terendah :

Spade (sekop)
Love (hati)
Club (keriting)
Diamond (wajik)

7. Straight

Kartu Straight adalah susunan dari 5 kartu dengan nilai berurutan walaupun jenis kembang acak.
Contoh Kartu Straight : 4 – 5 – 6 – 7 – 8

Apabila pemain dan bandar sama–sama mendapatkan kartu Straight, maka pemenang akan ditentukan dari nilai urutan kartu yang lebih tinggi.

Contoh :

Bandar = 7 – 8 – 9 – 10 – J

Pemain = 9 – 10 – J – Q – K

Adu kartu akan dimenangkan oleh pemain karena nilai urutannya lebih tinggi dari kartu Straight yang dipegang oleh bandar.

8. Three of a Kind

Kartu Three of a Kind adalah susunan dari 3 kartu dengan nilai atau angka yang sama dan dengan 2 kartu acak. Dan jika sama-sama memiliki kartu Tree of a Kind maka yang akan menang adalah yang memiliki kartu lebih tinggi dari lawan.
Contoh Kartu Tree of a Kind : 5 – 5 – 5 – 2 – 3

Jika bandar memiliki susunan kartu 9 – 9 – 9 dan pemain memiliki susunan kartu A – A – A. Maka pemenangnya adalah pemain yang memegang kartu A – A – A karna kartu As lebih tinggi dari 9.

9. Two Pair

Kartu Two Pair adalah susunan dari 2 kartu yang sama dengan 1 kartu acak.
Contoh Kartu Two Pair : K – K – 5 – 5 – 7

Cara untuk mengadu kartu Two Pair adalah dimana para pemain masing-masing memiliki kartu Two Pair. Bandar memiliki susunan kartu Two Pair 4 – 4 – A – A – K dan pemain 9 – 9 – Q – Q – J maka yang menang adalah Bandar dimana dia memiliki kartu A-A di antara Two Pair dibandingkan pemain hanya memegang Q-Q yang terbesar.

10. One Pair

Kartu One Pair adalah susunan kartu dari 1 pasang kartu yang memiliki nilai atau angka yang sama dengan 3 kartu acak lainnya.
Contoh Kartu One Pair : 8 – 8 – 4 – 6 – 3

Cara mengadu kartu ini adalah jika bandar dengan pemain sama-sama memiliki hanya One Pair saja maka akan ditentukan dari nilai kartu One Pair yang dimiliki

Bandar = J – J – 4 – 8 – 7
Pemain = A – A – Q – 7 – 3

Maka yang menang adalah pemain yang dimana memegang kartu One Pair berupa A-A yang lebih tinggi dari One Pair bandar yaitu J-J.

11. High Card

Kartu Hight Card adalah kartu yang tidak memiliki susunan ataupun pasangan dalam kartu yang di miliki atau bisa di sebut tidak memiliki kartu spesial. Maka yang akan diadu hanya kartu tertinggi saja yang dipegang oleh bandar maupun player. Kartu tertinggi adalah kartu yang memiliki nilai tinggi dan juga kembang yang tinggi yaitu A Sekop.

Demikian untuk Panduan Bermain Capsa Susun Untuk Pemula semoga dapat membantu anda sehingga mengerti untuk bermain permainan Capsa Susun. Jika masih belum mengerti dan kurang jelas bisa baca artikel Urutan Kombinasi Kartu Kemenangan Dalam Permainan Poker