Jumat, 03 Juni 2016

Kartu Tangan Yang Dapat Di Mainkan Dalam Poker

Kartu Tangan Yang Dapat Di Mainkan Dalam Poker-Dalam permainan poker anda tidak harus setiap saat mengikuti permainan, ada saat dimana anda harus melakukan fold dan menunggu putaran berikutnya. Mempelajari pemilihan Poker Starting Hand (Kartu Yang Dapat Dimainkan dan Berpeluang Besar Menang Poker) agar memperoleh hasil yang optimal dan berdampak positif bagi permainan anda (meningkatkan persentase kemenangan poker anda), akan sangat dipengaruhi pula oleh posisi relatif anda setiap saat terhadap keping penanda Dealer (Button). Untuk mempelajari pentingnya posisi ini silahkan membaca artikel Pentingnya Posisi

Texas Holdem Starting Kartu Tangan Yang Dapat Di Mainkan Dalam Poker


Dalam Permainan Poker. Selanjutnya pemilihan starting hand juga akan dipengaruhi oleh kompetisi pemain yang terjadi saat anda bermain, jadi di sini anda juga wajib mengetahui Tipe-Tipe Pemain Dalam Poker agar anda dapat mengambil tindakan yang tepat sesuai tipe-tipe pemain yang dihadapi.

Saat menulis artikel ini, saya mengalami sedikit kesulitan karena sebenarnya pilihan starting hand yang saya mainkan sangat bervariasi karena tergantung posisi dan kompetisi yang terjadi saat saya bermain. Namun jika anda seorang pemula dalam permainan poker ini, saya coba mempermudah pembelajaran anda dengan memberikan gambaran umum dalam pemilihan starting hand poker lewat tabel di bawah ini:

starting hand Kartu Tangan Yang Dapat Di Mainkan Dalam Poker


Pada tabel di atas starting hand terbagi atas 2 bagian yaitu:
  • Pair dan Suite Cards (Kartu Sama Kembang)
  • Unsuited Cards (Kartu Beda Kembang)

Sedangkan warna pada tabel menunjukkan posisi saat memainkan starting hand yang dimaksud, yaitu:
  • Warna Merah, starting hand yang masuk dalam warna ini boleh dimainkan dari seluruh posisi.
  • Warna Kuning, starting hand dapat dimainkan saat pada posisi Tengah (Middle)  dan Akhir (Late).
  • Warna Biru, starting hand hanya dapat dimainkan saat berada pada posisi Akhir (Late).
  • Warna Hijau, starting yang tidak dapat / tidak boleh anda mainkan

Cara menggunakan tabel di atas adalah sebagai berikut:

  • Saat kartu dibagikan, periksa posisi anda saat itu relatif terhadap Button, misalkan anda di posisi tengah saat ini.
  • Selanjutnya lihat Starting Hand / Hole Card / 2 buah kartu yang dibagikan untuk anda, misalkan K-9.
  • Periksa pada tabel dimanakah K-9 dapat dimainkan? K-9 pada tabel termasuk dalam warna kuning, dapat dimainkan pada posisi Tengah dan Akhir. Jadi kartu tersebut sesuai tabel dapat anda pilih untuk ikut bermain dan melihat Flop.
  • Demikian seterusnya, anda harus disiplin mengikuti aturan dari tabel tersebut sampai anda memahami dasar berpikir dari pembuatan tabel tersebut yaitu posisi dalam poker ikut menentukan prestasi kemenangan anda.

Namun perlu pula anda catat bahwa janganlah anda bermain seperti robot, dengan semakin sering anda bermain maka semakin anda mencoba berimprovisasi dalam pemilihan starting hand tergantung situasi kompetisi permainan saat anda bermain. Untuk starting hand yang masuk dalam Warna Hijau pada tabel di atas jangan pernah anda coba-coba untuk memainkannya karena anda akan banyak mengalami kekalahan daripada kemenangan dengannya.

Selanjutnya di bawah ini saya mencoba menjelaskan dasar pemikiran pemilihan starting hand menurut posisi bermain anda, yaitu:

STARTING HAND PADA POSISI AWAL (EARLY POSITION)

Pada posisi awal anda harus sangat selektif dalam pemilihan starting hand ini karena masih sangat banyak pemain yang akan beraksi/bertindak setelah giliran anda (masih ada 8-9 orang lagi). Terlebih lagi anda tidak tahu strating hand apa yang mereka pegang dan bagaimana reaksi mereka terhadap starting hand tersebut.

Meja Poker Kartu Tangan Yang Dapat Di Mainkan Dalam Poker


Selanjutnya pada posisi awal inipun anda berada pada posisi yang tidak menguntungkan karena anda tidak memiliki informasi apapun tentang lawan-lawan anda saat itu, justru sebaliknya lawan-lawan anda akan memiliki informasi tentang anda melalui tindakan yang anda ambil seperti melakukan calling, raising atau check, sehingga mereka dapat mengukur kekuatan starting hand anda saat itu.

Jadi secara umum saya pada posisi ini akan lebih memilih starting hand dan tindakannya sebagai berikut:

  • Pair As (A-A), Lakukan raising dan sekali-kali limping (melakukan calling sebesar big blind) untuk membuat perangkap.
  • Pair King (K-K), Lakukan raising dan sekali-kali limping (melakukan calling sebesar big blind) untuk membuat perangkap.
  • Pair Queen (Q-Q), Selalu lakukan raising untuk memperkecil persaingan dan jangan membuat perangkap, karena Pair Queen akan kalah dengan Pair As dan King sehingga jika Kartu As atau King muncul pada board maka anda kemungkinan besar kalah, oleh sebab itu pair ini harus dimainkan dengan agresif saat pre-flop.
  • Kartu As dan King (A-K), Selalu lakukan raising dan Continuation Bet
  • Pair Jack (J-J), Sama seperti Pair Queen, harus dimainkan secara agresif pre-flop untuk memperkecil jumlah lawan yang ikut melihat flop, jika As, King dan Queen muncul pada flop maka hampir dapat dipastikan anda telah kalah.
  • Pair Sepuluh (10-10, Lakukan sama seperti Pair Queen dan Pair Jack.

Khusus untuk starting hand kartu As dan Queen (A-Q), saya tidak akan memainkannya pada posisi awal saat beberapa menit pertama saya bergabung dalam suatu meja sampai saya benar-benar tahu kondisi dan suasana kompetisi yang terjadi pada meja tersebut. Saya juga sangat jarang melakukan raising untuk Pair Jack dan Pair 10 karena berdasarkan pengalaman saya, lebih menguntungkan untuk melakukan limping dengan starting hand tersebut pada posisi awal.

Hal ini dengan pertimbangan jika muncul As, King atau Queen dan anda gagal menangkap kartu Jack atau kartu Sepuluh lainnya untuk membuat Three of A Kind (Set/Trip) maka anda tidak perlu merasa enggan (berat hati) untuk menutup kartu tersebut karena kemungkinan besar sudah dikalahkan oleh pair yang lebih besar. Jadi dapat anda lihat bahwa sangat sedikit starting hand yang dapat dimainkan dari posisi awal karena memang demikianlah adanya, posisi awal ini sangat tidak menguntungkan akibat tidak adanya sumber informasi apapun untuk anda mengetahui respon lawan-lawan atas tindakan anda dalam memainkan starting hand pada posisi ini. Guna menjamin persentase kemenangan menjadi besar anda pada posisi awal ini, akhirnya hanya ada 4 starting hand yang bisa anda mainkan yaitu A-A, K-K, Q-Q dan A-K.

STARTING HAND PADA POSISI TENGAH (MIDDLE POSITION)

Pada posisi tengah anda dapat menambah beberapa starting hand selain starting hand pada posisi awal di atas. Jika anda menjadi orang yang pertama memasuki pot dari posisi tengah, berarti ada 3-5 orang yang melakukan folding (menutup kartunya) di depan anda. Hal ini berarti kemungkinan adanya starting hand yang kuat menjadi semakin mengecil persentasenya, sehingga starting hand yang lebih lemah akan meningkat nilainya. Oleh sebab itu anda dapat mengukur dan menimbang kekuatan starting hand yang dibagikan kepada anda saat itu untuk ikut bermain, terutama jika strating hand tersebut sesuai dengan tabel di atas jika anda masih seorang pemula.

Jika seseorang atau bahkan banyak pemain telah memasuki pot sebelum anda (3-5 orang) maka semakin keras anda untuk mempertimbangkan terlibat dalam pot tersebut. Mengapa Demikian? Karena jika terdapat pemain dengan logika yang sama dengan anda yaitu hanya memainkan jenis starting hand posisi awal seperti tersebut di atas maka anda berada dalam posisi berbahaya jika memaksakan untuk ikut dalam pot walaupun stating hand anda saat itu misalkan A-Q. Oleh sebab itulah posisi di sini sangat menentukan pula, karena dari posisi tengah ini anda sudah memiliki sedikit informasi tentang kekuatan starting hand lawan di depan anda. Itu pula pentingnya anda mengetahui tipe permainan lawan anda untuk membedakan apakah lawan anda tersebut memasang perangkap atau tidak jika anda menemukan misalkan lawan tersebut melakukan limping saat berada pada posisi awal.

Secara umum starting hand pada posisi tengah ini yaitu:
  • Semua starting hand posisi awal di atas
  • Kartu As dan Queen (A-Q)
  • Kartu King dan Queen (K-Q)
  • Pair Sembilan (9-9)
  • Pair Delapan (8-8)
  • Kartu As dan Jack (A-J)
  • Kartu Queen dan Jack (Q-J), pastikan sebelum anda ikut, telah terdapat 2 atau lebih pemain yang ikut dalam pot, hal ini agar pot odds anda untuk memainkan Q-J ini menjadi mencukupi, jika tidak maka lakukan folding kartu ini.
  • Kartu Jack dan Sepuluh (J-10), sama seperti Q-J
  • Kartu Sembilan dan Sepuluh Suited (9-10), sama seperti Q-J namun minimal 4 orang pemain harus dalam pot agar pot odds anda mencukupi memainkan kartu ini.
  • Kartu King dan Jack (K-J), sekali-kali mainkan starting hand ini dengan syarat sama seperti Q-J. Namun perlu diperhatikan untuk berhati-hati dalam memainkan K-J ini karena ini merupakan “Kartu Perangkap” yang dapat membuat anda mengalami kekalahan yang besar.

STARTING HAND PADA POSISI AKHIR (LATE POSITION)

Jika anda yang pertama kali memasuki pot pada posisi akhir ini, maka lakukanlah raising dengan starting hand minimal yang cukup kuat seperti J-10, 9-10 suit dan 8-9 suit. Hal ini perlu dilakukan karena sangat kecil persentase terdapat starting hand yang kuat setelah giliran anda. Dengan melakukan raising anda dapat mengukur pula kekuatan starting hand yang dipegang oleh lawan-lawan (2-3 orang lagi) setelah giliran anda tersebut, jika mengalami perlawanan (lawan melakukan reraising) maka anda dapat berpikir kembali untuk melanjutkan permainan karena kemungkinan lawan anda tersebut memiliki sepasang kartu yang kuat ditangannya.

Jika tidak ada perlawanan maka anda berhasil “mencuri” / stealing small blind + big blind tanpa perlu mempertandingkan kartu anda. Dan jika terjadi calling maka anda diuntungkan karena memegang inisiatif untuk menyerang (melakukan continuation betting) sehingga lawan yang melakukan calling tersebut mengira anda memiliki Pair As (A-A) padahal anda cuma meraising menggunakan kartu 8-9. Namun sebaliknya jika terdapat raising di depan anda saat berada posisi akhir ini maka pertimbangkan kekuatan kartu anda, jika tidak cukup kuat atau tidak ada lawan lainnya melakukan calling maka tutuplah kartu anda (folding).

Secara umum starting hand untuk posisi akhir ini, yaitu:
  • Seluruh starting hand di atas.
  • Kartu As dan X (A-X), untuk x adalah sembarang kartu.
  • Pair Kecil (Pair 7 s/d Pair 2), lakukan limping jika terdapat minimal 4 orang atau lebih agar pot odds anda mencukupi.
  • Suit Konektor Kecil Dengan 1 Gap (Misalkan 10-8, 9-7, 8-6, 7-5), sama seperti pair kecil, minimal 4 orang telah ada dalam pot.
Akhir dari artikel Urutan Kombinasi Kartu Kemenangan Dalam Permainan Poker ini saya buat, semoga menambah pengetahuan sebelum bermain Poker Uang Asli. Saya mencoba kembali mengingatkan anda untuk lebih berani berimprovisasi dalam pemilihan starting hand pada tabel di atas dan tetap disiplin untuk tidak pernah memainkan starting hand yang berada dalam zona Warna Hijau pada tabel tersebut. Karena seiring pengalaman bermain anda, kemungkinan besar anda akan bergabung dalam sebuah meja yang terdapat pemain-pemain yang pandai “membaca” permainan lawan-lawannya, sehingga jika anda tidak berimprovisasi dengan starting hand anda maka akan sangat sulit bagi anda untuk meraih keuntungan dari pemain-pemain level tersebut.

Daftar Poker Online Uang Asli di Mainaman.co


Hal ini disebabkan karena pegangan Kartu Tangan Yang Dapat Di Mainkan Dalam Poker anda telah “terbaca” dan setiap kali anda memutuskan ikut dalam pot maka mereka memutuskan melakukan folding karena mereka tahu starting hand yang anda mainkan saat itu pasti sangat kuat. Dengan improvisasi membuat mereka kesulitan membaca starting hand anda dan bersedia melayani permainan anda saat anda memegang Pair A-A.